Sabtu, 04 Mei 2013

Candi Muaro Jambi Terkenal Luasnya

       Kali ini saya akan mengunjungi kompleks Candi muaro jambi yang merupakan situs peninggalan purbakala agama hinddu-budhha yang kononnya terluas di indonesia dan kemungkinan besar merupakan peninggalan kerajaan sriwijaya dan kerajaan melayu. dari cerita tersebut sayapun penasaran untuk datang ke kompleks candi muaro jambi,nah untuk mendatangi ke candi tersebut saya menghubungi teman saya yang ada di jambi dari situ saya meminta tolong untuk diantarkan ke kompleks candi muaro jambi dan temen saya itu siap untuk menggantarkannya, saya pun langsung berangkat dari jakarta menuju jambi dengan menggunakan pesawat, sesampenya di bandara saya di jemput oleh teman dan bristirahat dulu dikota jambi,sambil main2 keliling kota jambi. setelah mengobrol dengan temen saya ini letak kompleks muaro jambi ini lumayan jauh sekitar 2 jam untuk tiba candinya dari kota jambi. karena jauh saya bilang besok aja pagi2 kita berangkat,kata temenku oke siap.. temen ku ini sangat baik,hahahhaha
        23 januari 2013
        waktu sudah pagi kami bersiap-siap dulu mandi dan sarapan. letak candi muaro jambi ada dikabupaten muaro jambi lebih tepatnya deket tepi sungai batang hari,kamipun berangkat menggunakan motor di sepanjang jalan menuju candi terdiri dari pohon2 karet dan sungai2 besar kamipun melewati jembatan sungai batanghari yang terkenal panjang sungainya di sumatra,selain itu banyak monyet di pinggiran jalan menuju candi dan banyak pohon2 yang di tebang,ketika sesampenya di kopleks muaro jambi sudah terlihat candinya banyak batu2an yang terpisah dan belum terpasangkan.
Jembatan Batang Hari
Sungai Batang Hari
     Ketika Saya melihat ini candi luas sekali dan dikira-kira masih banyak yang belum diketemukan juga,selain itu juga candi ini banyak dikunungi dari negara tetangga contohnya dari thailand mengunjungi candi ini untuk bersembahyang. karena luas menurut saya capek kalo jalan kaki untuk mengunjungi candi semuanya,tetapi candi disini sudah ada yang tersusun rapih dan ada yang berantakkan sehingga tidak terurus dengan baik,coba kalau pemerintah jambi merawatnya dengan baik sehingga bakal banyak yang mengunjungi tempat ini serta bisa jadi tempat wisata.

Kompleks Candi Muaro Jambi
Kompleks Candi Muaro Jambi
Patung Di Candi Muaro Jambi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar